by

Tips Perawatan Luka Kanker di Rumah yang Benar

-Kesehatan-102 views

Bagi setiap luka yang ada di tubuh membutuhkan jenis perawatan yang berbeda. Salah satunya adalah bagi perawatan luka kanker yang didapatkan karena operasi dan juga karena jaringan kanker yang membuat luka yang dialami oleh pasien kanker lebih sulit sembuh. Luka kanker tersebut dapat untuk membuat kualitas hidup pasien menurun sehingga harus dirawat dengan tepat agar luka tidak mengalami berbagai masalah kesehatan. Perawatan luka tersebut dapat memperhatikan banyak hal seperti dari lokasinya, jenis lukanya, dan juga dapat lainnya. Anda bisa untuk memberikan perawatan luka kanker di rumah yang dapat mengikuti beberapa tahap seperti berikut ini:

Mempersiapkan alat

Hal pertama yang diperlukan untuk memberikan perawatan terhadap luka kanker adalah dengan mempersiapkan alat. Anda bisa untuk menyiapkan alat untuk perawatan luka kanker yang bisa didapatkan di apotek. Alat tersebut adalah kasa steril, plester, gunting, kantong plastik, dan juga NaCI 0,9%, sarung tangan, kom, pinset, salep luka ataupun perban untuk balutan luka. Pastikan ketika akan menggunakan alat tersebut untuk telah mensterilkan berbagai peralatan tersebut. Hal tersebut sangat penting diperhatikan karena luka kanker mempunyai sifat yang mudah terinfeksi. Sehingga akan sangat bahaya apabila peralatan yang digunakan tidak steril.

Langkah perawatan

Cara selanjutnya yang dapat Anda perhatikan ketika akan merawat luka kanker adalah dengan mengetahui langkah perawatan luka tersebut. Dimana untuk langkah perawatan tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Langkah pertama adalah dengan mengatur posisi luka senyaman mungkin sebelum akan memberikan perawatan yang diperlukan.
  • Selanjutnya adalah dengan menyiapkan alat-alat yang sebelumnya telah disebutkan. Alat tersebut juga harus sudah di steril terlebih dahulu sehingga tidak menimbulkan infeksi.
  • Selanjutnya adalah dengan mengganti balutan luka. Pastikan untuk tangan yang memegang luka dan juga alat yang digunakan juga sudah bersih sehingga perlu mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun.
  • Terakhir adalah dengan membuang balutan lama di tempat yang aman.

Langkah membersihkan luka

Anda juga perlu untuk membersihkan luka yang dipunyai dengan cara berikut ini:

  • Pertama adalah dengan mencuci luka kanker yang dipunyai dengan kasa yang telah diberikan NaCI 0,9%.
  • Membersihkan luka tersebut dengan kasa dan mengeringkan luka menggunakan kasa steril.
  • Setelah bersih bisa memberikan perban atau mengoleskan salep pada luka.
  • Plester dengan tidak terlalu ketat ataupun longgar atau bisa diberikan balutan dengan verban.
  • Cuci tangan setelah membalut luka dan memberikan luka tersebut.

Seperti langkah di atas memang harus sangat berhati-hati apabila akan melakukan perawatan luka kanker di rumah. Oleh karena itulah tidak heran banyak yang memilih untuk melakukan perawatan tersebut di tangan profesional seperti petugas medis di rumah sakit. Akan tetapi selain harus datang ke rumah sakit, Anda juga bisa menggunakan layanan jasa Aido yang merupakan aplikasi penyedia layanan kesehatan termasuk merawat luka kanker.

Adapun untuk beberapa keuntungan dan langkah mendapatkan perawatan luka kanker di rumah dari Aido adalah menggunakan cara berikut ini:

  1. Perawatan luka kanker dilakukan oleh tenaga medis yang berasal dari Rumah Sakit Siloams.
  2. Perawatan luka kanker bisa didapatkan dengan mengunduh aplikasi Aido pada smartphone.
  3. Pembayaran bisa dipilih sesuai dengan metode yang Anda inginkan seperti OVO, debit, transfer, kartu kredit, dan virtual account dengan banyaknya promo yang ditawarkan.
  4. Bisa untuk melakukan request jadwal untuk mengatur jadwal kunjungan.

News Feed