by

Tips Mencuci Sepatu Sneakers yang Baik dan Benar

-Gaya Hidup-161 views

Sepatu merupakan benda yang selain menjadi benda primer yang wajib untuk dimiliki namun juga menjadi barang yang sering dijadikan menjadi barang koleksi. Sepatu terdiri dari berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan selera fashion setiap orang, baik itu sneakers untuk yang menyukai gaya kasual, pantofel untuk bergaya resmi, dan heels atau wedges dan flat shoes untuk yang menyukai gaya feminim. Kamu bisa menggunakan sepatu apapun yang bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan fashionmu, sebisa mungkin gunakan sepatu sesuai peruntukannya agar lebih sesuai dengan gayamu dan agar lebih tepat dan nyaman ketika digunakan. Mengoleksi memerlukan beberapa hal untuk dilakukan agar sepatu tetap terawat baik selama penggunaan, perawatan dapat dilakukan saat penyimpanan sepatu hingga pencucian untuk memastikan sepatu tetap dalam kondisi yang baik sehingga selalu nyaman untuk digunakan. Dalam penyimpanan juga harus dilakukan di tempat dan kondisi yang tepat sehingga sepatu tidak malah menjadi rusak saat disimpan. Hal yang sangat berpengaruh juga ketika kamu mencuci sepatu, jika kamu tidak mencuci sepatu dengan tepat maka akan terjadi kerusakan yang tidak diinginkan pada sepatu, cuci sepatu dengan cara dan waktu yang tepat agar terhindar dari kerusakan. Lalu hal apa yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sepatu agar tetap dalam kondisi yang baik? Simak beberapa hal di bawah ini yang bisa kamu lakukan agar mencuci sepatu dilakukan dengan benar

  1. Jangan terlalu sering mencuci sepatu

Sepatu yang dicuci terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan warna sepatu, cuci sepatu paling tidak 3 hingga 4 minggu sekali saja agar warnanya tetap terjaga. Pudarnya warna akan sangat menjengkelkan tentunya terutama jika kamu gemar mengoleksi sepatu dengan warna yang beragam seperti converse, selain itu juga akan terjadi kerusakan pada komponen lain seperti karet hingga lidah sepatu dan bagian lain yang direkatkan pada sepatu

  1. Gunakan sabun khusus mencuci sepatu

Sabun yang digunakan untuk mencuci sepatu juga sangat berpengaruh akan kualitas sepatu, gunakan sabun khusus sepatu yang mampu membersihkan noda pada sepatu tanpa merusak warna sepatu, karena detergen mampu mengangkat kotoran pada sepatu namun dapat merusak warna sepatu menjadi lebih pudar. Kamu bisa mendapatkan detergen khusus sepatu di tempat yang menyediakan jasa laundry sepatu atau juga di toko online. Jika kamu tidak memungkinkan menggunakan sabun khusus sepatu kamu bisa menggunakan sabun cuci piring ketimbang detergen untuk mencuci sepatu.

  1. Jangan gunakan sikat terlalu keras

Saat membersihkan noda membandel usahakan untuk tidak menggosok dengan sikat yang terlalu keras, gunakanlah sikat khusus sepatu atau kamu dapat menggunakan kain untuk menggosok noda pada sepatu. Menggunakan sikat terlalu keras yang kasar dapat merusak body sepatu.

  1. Jangan menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung

Setelah selesai mencuci sneakersmu, usahakan tidak mengeringkan sneakers dengan cara menjemur langsung di bawah sinar matahari karena akan merusak warna dan juga komponen body sepatu terutama bahan sepatu yang menggunakan kanvas seperti converse. Keringkan sepatu di tempat teduh namun berangin.

Itu dia beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah sepatu rusak saat pencucian, jika tidak memungkinkan mencuci sepatu sendiri kamu bisa mendatangi laundry khusus sepatu untuk penanganan yang lebih tepat. Sangat disayangkan jika terjadi kerusakan sepatu yang tak diinginkan saat mencuci sepatu kesayangan.

News Feed