by

Tips Memilih Mobil Baru untuk Anda

-Otomatif-28 views

Keinginan untuk membeli mobil benar-benar terlintas di benak banyak orang, terutama mereka yang memiliki penghasilan cukup. Terkadang untuk pembeli pemula, mereka hanya melihat model, yang dianggap menarik dan sesuai dengan jumlah dana yang mereka miliki. Sedangkan untuk membeli mobil baru, bagi yang ingin memilikinya untuk pertama kali, ada hal-hal yang patut diperhatikan sehingga mereka tidak kecewa setelah mendapatkan mobil yang diinginkan.

Jika Anda ingin membeli mobil baru, setidaknya Anda harus memiliki sedikit pengetahuan dasar, mulai dari masalah mesin hingga listrik. Penting untuk diketahui oleh calon pelanggan, terutama mereka yang ingin membeli mobil untuk pertama kalinya. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru, ada baiknya menghadiri pameran mobil dan mencari informasi sebanyak mungkin melalui internet. Untuk membuatnya lebih ringkas, berikut adalah beberapa panduan atau tips untuk pembeli pemula, sehingga mereka tidak memilih mobil yang ingin mereka beli.

Tentukan Anggaran dan Persiapkan Dana Minimum 20 Persen dari Harga Mobil

Langkah selanjutnya adalah mengetahui harga mobil yang diinginkan untuk menentukan uang muka atau Down Payment (DP). Biasanya, uang muka atau jumlah DP setidaknya 20 persen dari harga mobil. Misalnya, Anda ingin membeli sedan hatchback Toyota Agya. Jika harganya Rp. 120 juta, maka 20 persen dari harganya adalah Rp. 24 juta. Itulah dana yang harus disiapkan untuk dijadikan uang muka atau DP.

Perhatikan PPnBM dan Pajak Mobil Tahunan

Setelah mengetahui model dan harga mobil yang diinginkan, Anda juga perlu mengetahui jumlah Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dan juga pajak tahunan. Di sini, Anda harus cukup pintar untuk membandingkan harga mobil. Terkadang untuk jenis mobil yang sama, pajak yang dikenakan bisa sangat berbeda.

Apa yang Harus di Perhatikan Saat Memilih Mobil Baru?

Cari Lembaga Pembiayaan yang Dapat Dipercaya dan Suku Bunga

Jika sudah ditentukan, maka selanjutnya adalah menemukan lembaga keuangan tepercaya dan mengetahui tingkat bunganya. Jangan hanya percaya pada iming-iming dengan bunga nol persen, karena bisa berbeda dengan diler. Bandingkan harga mobil dari satu dealer ke dealer lain sebelum membuat keputusan. Setelah itu, cari lembaga keuangan tepercaya dan suku bunga rasional.

Lakukan Tes Mengemudi atau Test Drive

Untuk lebih yakin dengan keputusan Anda ketika Anda telah memilih mobil yang diinginkan, segera lakukan tes mengemudi atau test drive. Ini dilakukan agar Anda merasa yakin dan yakin bahwa mobil itu sesuai keinginan. Selain itu, tes mengemudi juga penting untuk mengetahui fitur yang dibawa oleh mobil, dari kenyamanan hingga keselamatan.

Itulah sedikit tips membeli mobil baru untuk pemula. Kiat-kiat ini diharapkan dapat membantu mereka yang mencari mobil untuk pertama kalinya, sehingga mereka tidak kecewa ketika mereka sudah mendapatkan mobil impian mereka sejauh ini.

Karena itu, banyak orang perlu pertimbangan sebelum memutuskan mobil mana yang akan dibawa pulang. Sebelum membeli mobil bekas, beberapa hal yang harus Anda tanyakan termasuk berapa umur mobil itu, apa alasan pemilik sebelumnya menjualnya, dan bagaimana kondisi mobil tersebut. Tidak beda, Anda juga harus pintar membeli mobil baru.

Meskipun kondisi mobil baru hampir selalu sempurna, pastikan Anda menjawab pertanyaan ini sehingga Anda tidak menyesalinya. Anda yang membeli mobil baru dengan tujuan menghemat jangka panjang harus hati-hati menghitung konsumsi bahan bakar. Efisiensi bahan bakar adalah jarak yang ditempuh per liter bahan bakar. Mobil dengan kemampuan mengonsumsi 6 liter/100 km atau lebih dari 16,5 km/1 liter dianggap hemat energi.

News Feed