by

Tips Membangun Perencanaan Keuangan Keluarga

Perencanaan keuangan keluarga tidak harus dibuat dengan rumit. Namun memang ada baiknya kamu perlu menggunakan kalkulator finansial agar perencanaan keuangan jadi lebih mudah dibuat. Akan tetapi yang penting untuk dilakukan adalah buat rincian pengeluaran serta pemasukan, dan pencatatan yang teratur serta rapi. Jika hal ini telah bisa dilakukan, maka kamu juga bisa mengukur kondisi keuangan keluarga kamu, serta bisa mengetahui apakah keuangan keluarga kamu dalam kondisi sehat atau tidak.

Apalagi dari sebuah perencanaan keuangan yang baik, kamu juga bisa membuat proyeksi tentang keuangan kamu dalam beberapa tahun ke depan. Pastinya akan terbayang, hal ini juga sangat penting dalam merencanakan keuangan sejak awal.

Maka dari itu, berikut ini lima alasan yang akan menjelaskan kenapa kamu butuh perencanaan keuangan untuk kamu dan keluarga.

1. Dapat Menentukan Prioritas Pengeluaran

Salah satu poin krusial ketika melakukan perencanaan keuangan yaitu menentukan pos pengeluaran. Pada titik ini, maka kamu harus membuat daftar prioritas yang berisi pos pengeluaran, bisa dimulai dari yang paling penting hingga yang paling bisa diabaikan untuk sementara waktu. Ketika menentukan prioritas pengeluaran, maka kamu juga bisa mengelola uang yang masuk dan keluar secara lebih efektif.

2. Dapat Membantu Mengatur Alokasi Pengeluaran

Kemudian cara mengatur alokasi pengeluaran yaitu dengan mengacu pada daftar prioritas pengeluaran. Dengan daftar tersebut ada baiknya dijadikan sebagai acuan ketika setiap bulan kamu ingin mengeluarkan uang untuk bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan. Contohnya dalam sebulan kamu mesti mengeluarkan uang untuk dua tujuan berbeda yaitu membeli laptop dan juga membayar uang SPP sekolah anak kamu.

3. Mengawasi Pengeluaran dengan Rencana Keuangan yang Lebih Baik

Bila kita mengawasi aliran uang rumah tangga, sehingga kamu bisa mempertahankan kondisi keuangan untuk jangka panjang. Bukan hanya itu pengawasan yang baik juga akan menjamin kesehatan kondisi finansial keluarga kamu, sekaligus dapat menjaga agar tidak terjadi kebocoran anggaran keuangan rumah tangga kamu. Ada satu tips pentingnya dari saya yaitu kamu jangan pernah menghamburkan anggaran untuk pos pengeluaran yang tidak krusial misalnya berfoya-foya.

4. Merencanakan Tujuan Finansial untuk Jangka Pendek serta Jangka Panjang

Sebenarnya apa yang ingin kamu capai selama setahun ke depan dengan keluarga? Serta, dimana kamu akan membayangkan keluarga kamu akan berada di sepuluh tahun ke depan? Kemudian pikirkan tentang sehatkah keluarga secara finansial untuk sepuluh tahun lagi? Dengan begitu kamu akan lebih meminimalisir masalah-masalah finansial kamu.

5. Menjadikan Hidup agar lebih Tenang dan Sejahtera

Dengan melakukan perencanaan keuangan yang baik maka kamu juga dapat menjadikan hidup kamu lebih tenang mengingat bahwa kamu telah mempersiapkan pos pengeluaran dengan sangat baik. Dan akhirnya selamat jika kamu telah berhasil membuat rencana keuangan yang baik, akan tetapi jika belum, karena kamu merasa butuh bantuan maka HSBC Advance juga telah hadir sebagai solusi yang akan membantu kamu untuk merencanakan seluruh aspek keuangan rumah tangga dengan sangat baik.

Kamu juga akan dibantu oleh tim finansial HSBC dan Advance Manager untuk merancang keuangan keluarga kamu, mulai dari awal sampai akhir, dan juga akan siap membantu memastikan bahwa kamu juga bisa meraih tujuan finansial yang kamu inginkan untuk menyejahterakan orang-orang terdekat kamu. Caranya kamu daftar menjadi nasabah serta percayakan semua perencanaan keuangan kamu bersama HSBC Advance.

News Feed