by

Ragam Pelembab Wajah Alami Tanpa Iritasi

Ada banyak jenis pelembab wajah yang dapat dipergunakan agar memiliki kulit wajah yang bersinar, segar dan juga tidak kusam. Akan tetapi, tidak jarang produk tersebut justru menimbulkan iritasi yang disebabkan karena ketidakcocokan antara kulit dengan produk yang dipergunakan. Akibatnya, kulit wajah bisa memerah, berjerawat bahkan rasanya seperti terbakar. Sebagai alternatif dan solusi, Anda bisa menggunakan moisturizer alami berikut ini.

  • Madu

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu memiliki segudang khasiat yang tidak hanya bagus untuk tubuh namun juga untuk kulit. Salah satu khasiatnya adalah untuk melembabkan kulit. Pada madu, terdapat sifat antiinflamasi dan antimikroba yang memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan terbakar.

Karena kedua sifat tersebut, madu sangat cocok untuk dipergunakan bagi Anda yang memiliki kulit yang berjerawat. Apalagi dalam madu, juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga kulit akan terlihat lebih muda. Sebelum Anda menggunakannya sebagai pelembab, Anda harus memastikan lebih dahulu madu tersebut merupakan madu asli yang tidak dicampur dengan bahan apapun.

Jika sudah yakin itu madu asli, cara penggunaannya yaitu:

  • Bersihkan lebih dahulu wajah Anda dari kotoran dan debu.
  • Bersihkan dengan menggunakan handuk hangat.
  • Oleskan madu ke wajah Anda secara merata.
  • Diamkan kurang lebih selama 10 menit.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat.

pelembab wajah

  • Lidah Buaya

Tanaman yang memiliki gerigi di bagian pinggiran daun ini memiliki kandungan vitamin A, C, E, B12 yang sangat bagus untuk melindungi kulit terutama dari radikal bebas. Tanaman ini juga mempunyai kandungan air yang tinggi sehingga lebih mudah untuk masuk dan menyerap ke dalam kulit. Lidah buaya juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga sangat bagus untuk wajah berjerawat, kusam dan kering.

Cara untuk menggunakan lidah buaya sebagai pelembab wajah, yaitu:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu agar dapat menyerap ke kulit lebih bagus lagi.
  • Siapkan lidah buaya yang sudah dipotong lalu aplikasikan gelnya ke seluruh bagian wajah dan leher.
  • Diamkan selama beberapa menit atau hingga kering.
  • Bilas hingga bersih.

 

  • Alpukat

Buah alpukat biasanya dipergunakan untuk dikonsumsi seperti dicampurkan ke dalam es buah. Namun, alpukat bisa juga dipergunakan untuk moisturizer wajah yang alami tanpa efek samping. Hal ini disebabkan karena alpukat kaya akan vitamin, protein dan mineral yang bagus untuk kulit bahkan alpukat terbukti mampu untuk meningkatkan sintesis kolagen. Sehingga sangat bagus dipergunakan untuk Anda yang memiliki kulit kering.

Cara menggunakannya adalah hancurkan lebih dahulu alpukat yang akan dipergunakan, lalu aplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama beberapa menit hingga agak mongering lalu bilas hingga bersih Masker alpukat ini juga dapat Anda kombinasikan yogurt ataupum madu.

  • Minyak Kelapa

Minyak yang terbuat dari kelapa ini dapat dijadikan untuk pelembab muka. Ini disebabkan karena minyak kelapa ini memiliki kandungan asam lemak yang cukup banyak, memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu untuk memproduksi kolagen yang lebih banyak. Apalagi, minyak kelapa juga memiliki lemak tak jenuh tunggal yang dapat menyerap dengan mudah ke kulit.

Akan tetapi, karena kandungan lemak yang cukup banyak, minyak kelapa ini kurang direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Karena untuk beberapa penggunaannya, justru bisa menjadi salah satu pemicu yang menjadi penyebab komedo. Namun minyak yang terbuat dari kelapa ini aman untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering.

  • Minyak Zaitun

Jenis minyak yang lainnya yang bagus untuk kulit sebagai pelembab adalah minyak zaitun. Minyak zaitun bagus dipergunakan untuk Anda yang memiliki kulit kering dan kusam sehingga kulit menjadi lebih segar. Dalam minyak ini, terdapat kandungan seperti fitosterol, polifenol dan vitamin E yang sangat bagus untuk melembabkan kulit. Pada minyak zaitun juga terdapat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal sinar bebas sehingga mengurangi kerusakan kulit dan rambut.

Untuk menggunakannya, Anda dapat menjadikan minyak zaitun sebagai masker. Bisa juga dicampurkan dengan bahan yang lainnya. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun ke seluruh tubuh Anda agar lebih lembab terutama di tempat yang panas dan berdebu.

  • Timun

Tidak hanya dijadikan pelengkap makanan untuk lalapan, namun, timun juga dapat dipergunakan untuk pelembab wajah yang alami untuk semua jenis kulit. Hal ini disebabkan karena timun memiliki kadar air yang tinggi sehingga bisa membantu untuk mengatasi kulit yang dehidrasi, mengurangi pembengkakan kulit dan merilekskan kulit.

Cara penggunananya adalah:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu.
  • Hancurkan timun.
  • Aplikasikan secara merata pada kulit wajah Anda.
  • Diamkan selama beberapa menit.

Namun, agar lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan timun sebagai masker mata agar tidak ada atau mengurangi mata panda. Dengan begitu, mata akan lebih segar dan penampilan Anda juga semakin menarik.

  • Yogurt

Olahan susu ini memiliki kandungan yang disebut dengan asam laktat yang dapat membantu untuk menghidrasi dan mengeksfoliasi kulit. Sehingga dengan penggunaan yang teratur, untuk jenis yogurt tawar tanpa campuran apapun, akan membantu Anda untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih elastis, kencang, lembab, segar dan juga cerah.

  • Shea Butter

Di Indonesia, shea butter terbilang cukup jarang dipergunakan salah satunya karena harganya yang cukup mahal. Namun, pada shea butter memiliki kandungan trigliserida yang dapat menjadi emolien untuk mencegah kulit kehilangan kelembabannya atau menjaga agar kulit tetap lembab.

Pada shea butter juga terdapat kandungan vitamin A dan E. sehingga dapat Anda pergunakan juga untuk perawatan bibir, wajah, hingga tubuh secara keseluruhan.

  • Air Mawar

Jika Anda memiliki kulit kering, Anda bisa mencoba untuk melembabkan wajah dengan menggunakan air mawar. Anda bisa membuat air mawar sendiri dengan cara menyuling ataupun membeli yang sudah ada di toko. Cara pengaplikasiannya adalah dengan mencelupkan kapas ke air mawar lalu aplikasikan ke wajah sebagai masker. Diamkan sebentar dan Anda akan merasakan sensasi segar pada wajah Anda.

  • Butter Milk

Jika Anda suka menggunakan produk yang terbuat dari susu, Anda bisa mencoba butte milk untuk pelembab wajah Anda yang alami. Hal ini karena cairan susu sisa pembuatan mentega ini memiliki kandungan asam laktat yang mampu untuk mempercepat regenerasi kulit, mengikis sel kulit mati dan juga meremajakan kulit.

Caranya adalah dengan mencelupkan handuk bersih ke dalam buttermilk yang sudah dingin. Kompres pada wajah yang sudah dibersihkan lalu diamkan kurang lebih selama 5-10 menit. Bilas hingga bersih.

Dari 10 bahan pelembab wajah yang alami tersebut, Anda dapat memilih mana yang sekiranya cocok untuk kulit wajah Anda. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah perlu waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal misalnya wajah yang terlihat segar dan tampak lebih muda dan lebih bersinar. Selamat mencoba pelembab alami untuk wajah tersebut!

News Feed