by

Pengertian dan Jenis Karakteristik dalam Musik

Tangga nada merupakan suatu nada yang telah disusun dengan sebuah konsep berjenjang yag dapat memiliki peran yang penting dalam sebuah aliran seni musik. Tangga Nada Pentatonis termasuk dalam salah satu sebuah jenis tangga nada yang berada dalam sebuah seni musik dan dapat memiliki karakteristik yang tertentu. Tangga Nada merupakan sebuah nada yang berasal dari sebuah nada pokok, mulai dari nada dasar sampai dengan nada oktaf, bisa dikatakan tangga nada merupakan sebuah susunan not–not musik yang cukup berurutan dan tersusun. Contohnya seperti, Do-Re-Mi-Fa-So-La-Si-Do.

Dan ada juga yang mengatakan bahwa tangga nada merupakan susunan nada yang telah dirangkai menggunakan sebuah rumus interval dari sebuah nada yang tertentu. Jenis Tangga Nada Pentatonis yang satu ini dapat memiliki dalam karaktersitiknya tersendiri. Sebelum dapat mengulas lebih lanjut dalam mengenai Tangga Nada Pentatonis. Anda harus mengetahuinya terlebih dahulu tentang apa itu Tangga Nada Pentatonis. Dan berikut ini adalah pengertian dari Tangga Nada Pentatonis:

Pengertian

Tangga Nada Pentatonis Adalah sebuah tangga nada yang telah terdiri dari sebuah 5 nada yang berbeda-beda. Tangga nada ini dapat mewakili tahapan awal dalam perkembangan sebuah seni musik di dunia, Tangga Nada Pentatonis ini terdiri dari 2 jenis tangga nada, adalah Tangga Nada Pentanonis Mayor dan Tangga Nada Pentatonis Minor.

Pentatonis adalah sebuah tangga nada yang telah sudah ada pada zaman Yunani Kuno. Dalam masa itu, pentatonis telah sudah dimainkan untuk dapat bisa mengelola Kithara Yunani. Bukan cuma hanya itu, beberapa dari sebuah nyanyian Gregorian di masa-masa awal itu pun telah sudah memakai sebuah tangga nada ini untuk dapat bisa menyempurnakan dalam sebuah musiknya. Dapat bisa dibilang, pentatonis adalah tangga nada yang paling sangat populer, bahkan paling banyak dalam digunakan dalam musik rock. Dan dimasa kini, pentatonis dapat bisa digunakan dalam sebuah alat musik yang tradisional ataupun yang modern. Salah satu dari sebuah alat musik tradisional yang dapat menggunakan tangga nada ini yaitu gamelan.

Jenis Karakteristik dalam Musik

Tangga Nada Pentatonis ini terdiri dari 2 buah jenis tangga nada, adalah Tangga Nada Slendro dan Tangga Nada Pelog. Dan berikut penjelasan mengenai jenis-jenis tangga nadanya yaitu sebagai berikut:

Tangga Nada Slendro

Tangga Nada Slendro ini yang mempunyai karakteristik berupa sebuah musik yang cukup lincah dan akan dapat membuat semangat. Tangga nada ini yang terdiri dari 5 buah nada primer. Dan jenisnya yaitu Do-Re-Mi-Sol-La. Slendro merupakan tangga nada yang dapat mempunyai sebuah jarak interval relatif sangat kecil.

Contoh beberapa lagu–lagu daerah yang telah menggunakan nada Slendro.

  • Keraban sape yang berasal dari daerah Jawa Tengah
  • Lir ilir yang berasal dari daerah Jawa Tengah
  • Cublak cublak suweng yang berasal dari daerah Jawa Tengah
  • Cing cangkeling yang berasal dari daerah Jawa Barat
  • Te kate dipanah yang berasal dari daerah Jawa Tengah

Tangga Nada Pelog

Tangga Nada Pelog ini dapat mempunyai sebuah karakteristik dalam musik yang sangat cukup tenang dan sangat elegan. Tangga nada ini cuma terdiri dari 5 buah nada primer, yaitu Do-Mi-Fa-Sol-Si. Pelog adalah tangga nada yang dapat mempunyai sebuah perbedaan dalam jarak interval yang cukup lumayan besar.

Contoh beberapa lagu–lagu daerah yang telah menggunakan nada Pelog.

  • Ngusak asing yang berasal dari daerah Bali
  • Gundul gundul pacul yang berasal dari daerah Jawa Tengah
  • Pitik tukung yang berasal dari daerah Jawa Tengah
  • Macepet cepetan yang berasal dari daerah Bali
  • Karatangan pahlawan yang berasal dari daerah Jawa Barat

Dan kurang lebihnya seperti itulah ulasan sedikit mengenai pengertian dan jenis beserta contoh dari Tangga Nada Pentatonis.