by

Paket Internet Unlimited Indosat

UNLIMITED INDOSAT

Sekarang bagaimana dengan Indosat? Operator kuning ini ternyata menawarkan paket unlimited dengan lebih banyak pilihan. Ada delapan pilihan, mulai dari yang termurah Rp5000 hingga paling mahal Rp150 ribu. Paket unlimited ini juga menawarkan akses internet tanpa batas kepada penggunanya, dengan masa aktif tertentu. Dan teman teman bisa lihat tentang sulap pulsa di sini : sulap pulsa.

Berbeda dengan Smartfren yang memberikan pembatasan FUP harian, Indosat menerapkan FUP pada penggunaan harian dan total bulanan. Perbedaan lain, Indosat memberikan akses gratis (tak terbatas) pada sejumlah aplikasi yang bekerjasama dengan mereka. Aplikasi itu adalah: Youtube, Spotify, Iflix, Whatsapp, BBM, Line, Facebook, FB Messenger, Twitter, Grab dan Gojek.

Paket termurah, Unlimited 500 Mb yang harganya Rp5000, mendapat kuota utama sebesar 500 Mb yang berlaku tiga hari –kalau membeli di aplikasi MyIM3, dapat bonus 250 Mb. Selain itu, pengguna bisa menikmati akses tanpa batas ke semua aplikasi rekanan tadi. Sebenarnya, ada sih batasnya. FUP untuk unlimited apps tadi sebsar 500 Mb untuk harian, atau total 1 Gb selama 3 hari itu. Lebih dari batas itu, terjadi penurunan speed ke 512 Kbps.

Ada lagi paket yang berlaku seminggu, namanya Unlimited 1 Gb, yang harganya Rp13 ribu. Dapat jatah kuota utama 1 Gb, dan benefit akses tanpa batas ke semua aplikasi rekanan tadi. Ada batasnya juga sih, FUP untuk unlimited apps di paket ini 800 Mb harian, dan total 2 Gb seminggu.

Jenis unlimited 1 Gb ini ada yang lainnya juga. Pengguna mendapat jatah 1 Gb dengan masa berlaku satu bulan. Hampir sama kondisinya dengan 1 Gb mingguan. Bedanya, Youtube hilang dari unlimited apps. Serta FUP harian (unlimited apps) 800 Mb, dan total 3 Gb FUP bulanan. Di paket ini, ada data rollover. Jika kuota utama tak habis terpakai, bisa ditambahkan pada pembelian paket yang baru. Harga paket ini Rp25 ribu.

Jika jatah 1 Gb itu tak cukup, boleh pilih Unlimited 2 Gb, yang harganya Rp40 ribu, berlaku satu bulan. Benefit yang didapat sama, juga berlaku data rollover, namun tak dapat akses gratis ke Youtube. Paket 2 Gb ini membatasi penggunaan wajar (FUP) pada unlimited apps 1 Gb per hari, atau total 5 Gb sebulan.

Untuk paket 3 Gb seharga Rp50 ribu, Youtube nongol lagi. FUP unlimited apps harian 1.5 Gb dan total satu bulan 10 Gb. Paket 7 Gb seharga Rp75 ribu, dikenakan FUP harian ke unlimited apps 2 Gb dan total 12 Gb sebulan. Paket 10 Gb seharga Rp100 ribu, dikenakan FUP harian 3 Gb dan total 15 Gb untuk satu bulan. Kesemua paket ini berlaku satu bulan dan bersifat data rollover.

Yang terakhir adalah paket Unlimited Jumbo. Ini paling mahal, Rp150 ribu. Berbeda dengan paket yang lain, paket yang ini tak punya jatah kuota utama, dan tak juga disediakan akses tanpa batas ke aplikasi rekanan. Jadi bisa internetan sepuasnya? Tidak juga, karena FUP harian dibatasi 4 Gb serta total sebulan dibatasi 20 Gb. Ada tambahan benefit, 100 menit nelpon dan 100 SMS ke operator lain.

Paket unlimited dari Indosat ini memang tampak menyenangkan, karena ada gimmick bisa akses tanpa batas ke sejumlah aplikasi yang dibundling dalam paket itu. Walaupun nyatanya tetap ada batas pemakaian wajar juga. Meskipun tetap bisa akses ketika lewat batas FUP, namun dengan speed 512 Kbps notabene tak bisa berbuat apa-apa juga.

Dari sisi skema penggunaan, juga agak ruwet. Ada pemisahaan penggunaan kuota utama dengan penggunaan akses data untuk unlimited apps. Ini berpotensi membingungkan pengguna. Misalnya, merasa kuota utama masih ada tapi begitu akses Youtube ternyata lelet.  Padahal ternyata FUP hariannya sudah lewat. –Catatan: pemakaian data di unlimited apps tak mengganggu data kuota utama.

Tidak seperti Smartfren yang menerapkan FUP harian, tetapi tak ada FUB bulanan (total), pada paket unlimited Indosat, keduanya ada. Contoh, untuk paket Rp100 ribu, dengan FUP harian 3 Gb, dipakai lima hari saja sudah mentok ke FUP bulanan (15 Gb). Ini juga perlu disadari para pengguna, jangan sampai kecewa karena mengira “jatah” akses tanpa batasnya masih ada.

Perhatikan pula soal harga dan banyaknya data yang didapat. Ambil contoh paket 7 Gb kuota utama dan total FUP unlimited apps sebanyak 12 Gb. Berarti pelanggan total mendapat 19 Gb data, dengan harga Rp75 ribu. Artinya, tiap 1 Gb data, pelanggan membayar Rp6.250, angka yang lebih tinggi dibanding harga data per 1 Gb dari Smartfren.

Pada akhirnya, meskipun dipromosikan sebagai akses internet tanpa batas (unlimited), betapapun tetap ada batas yang diterapkan. Wajar sih ada pembatasan itu, kalau tidak, operator bisa rugi bandar. Hanya saja, diharapkan operator lebih terbuka lagi dengan detil skema unlimited ini, agar pelanggan tak salah paham. Di pihak pelanggan, juga mesti rajin-rajin mencermati tawaran paket unlimited ini, agar tak menaruh harapan yang jauh dari kenyataan.

News Feed