by

Macam-macam Penyakit Ginjal yang Harus Anda Perhatikan

-Kesehatan-12 views

Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali penyakit ginjal yang dapat terjadi. Apabila tidak cepat diobati, penyakit ginjal ini dapat menjadi semakin parah saja, yang menyebabkan sulit untuk disembuhkan dan berdampak menimbulkan komplikasi yang berakibat fatal.

Macam-macam Penyakit Ginjal

Ginjal adalah sepasang organ yang mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kegunaan ginjal merupakan agar dapat menyaring racun, limbah dan cairan yang berlebih yang ada di dalam darah kita selanjutnya mengeluarkannya melalui urine kita dan bisa saja mengakibatkan penyakit yang bisa menimpa ginjal kita. Langsung saja kita bahas tentang macam-macam penyakit ginjal.

Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal atau pyelonephritis umumnya berlangsung karena bakteri yang beralih dari kandungan kemih atau aliran kemih. Peralihan bakteri ini dapat berlangsung karena infeksi aliran kemih (ISK) yang tidak selekasnya diobati atau ada sumbatan di aliran kemih, hingga saluran urine terhalang.

Penyakit infeksi ginjal bisa memunculkan gejala-gejala berbentuk sakit pinggang atau punggung, demam, mual, lemas, ngilu waktu buang air kecil, serta ada darah atau nanah dalam urine.

Infeksi ginjal perlu diobati dengan antibiotik seseuai resep dokter. Bila seorang terserang infeksi ginjal yang telah kronis, umumnya dia akan perlu dirawat di rumah sakit untuk memperoleh cairan infus serta antibiotik suntikan sepanjang beberapa waktu.

Batu ginjal

Batu ginjal adalah salah satunya jenis penyakit ginjal yang kerap berlangsung. Situasi ini berlangsung saat zat spesifik dalam ginjal menimbun, mengendap, serta membuat gumpalan keras seperti batu. Beberapa zat itu dapat berbentuk kalsium, oksalat, serta asam urat.

Seorang beresiko terserang batu ginjal jika dia mempunyai faktor-faktor efek, seperti kurang minum air putih, kerap konsumsi makanan asin serta manis, mempunyai penyakit spesifik, seumpama hiperparatiroidisme serta infeksi aliran kemih.

Batu ginjal yang memiliki ukuran kecil umumnya tidak memunculkan tanda-tanda. Tetapi, bila ukuran batu ginjal telah besar serta menutup atau melukai dinding aliran kemih, karena itu bisa muncul gejala-gejala kerap buang air kecil, ngilu waktu buang air kecil, sakit pinggang yang menyebar ke punggung, dan urine memiliki warna seperti teh.

Penyakit batu ginjal yang enteng umumnya bisa diobati dengan beberapa minum air putih serta konsumsi beberapa obat untuk menurunkan ngilu, menangani infeksi di aliran kemih, dan obat untuk menolong pengeluaran batu ginjal.

Untuk tangani batu ginjal yang besar atau banyaknya banyak, umumnya dibutuhkan perlakuan klinis oleh dokter, seperti operasi untuk buang batu ginjal, bedah ureteroskopi atau pembedahan untuk merusak batu ginjal menggunakan alat spesial yang terpasang melalui aliran kemih, dan ESWL.

Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut ialah pengurangan peranan ginjal yang berjalan lebih dari 3 bulan. Gagal ginjal akut dapat berasal dari tidak berhasil ginjal kronis yang tidak ditanggani, efek beberapa obat, sampai penyakit spesifik, seperti diabetes serta hipertensi.

Bila masih juga dalam wahap awalnya, gagal ginjal akut umumnya tidak memunculkan tanda-tanda. Tetapi, bila telah berkembang jadi makin kronis, tidak berhasil ginjal akut bisa memunculkan gejala-gejala berbentuk bengkak di kaki, lemas, pucat, selera makan raib, mual, gatal-gatal, kram otot, susah tidur, serta napas sesak.

Pasien tidak berhasil ginjal akut memerlukan perawatan di rumah sakit. Sepanjang perawatan, dokter bisa memberi beberapa obat untunk melakukan perbaikan peranan ginjal serta merekomendasikan pasien untuk jalani bersihkan darah. Untuk tangani gagal ginjal fase akhir, dokter umumnya perlu lakukan operasi transplantasi ginjal.

Itulah informasi tentang macam-macam penyakit ginjal. Kita sebagai manusia harus bisa menjaga ginjal kita agar tidak terkena penyakit yang sudah disebutkan di atas dan jaga selalu ginjal kita agar terbiasa hidup sehat.

News Feed