by

Keunggulan Menggunakan Arsitek dalam Jasa Arsitek Rumah

Apakah Anda ingin bangun rumah atau renovasi? Enaknya pakai jasa arsitek tidak ya? Ternyata, menggunakan jasa arsitek rumah akan sangat membantu dalam merancang bangunan yang diimpikan. Apa saja keunggulannya?  Sekilas, menggunakan jasa arsitek rumah akan membantu Anda memahami struktur bangunan serta material yang sebaiknya digunakan. Di samping itu, Anda dapat berkonsultasi bagaimana tatanan interior yang estetik dan fungsional pada rumah. 

Selain itu, apa saja keuntungannya? Berikut penjelasan 6 keunggulan dan keuntungan menggunakan jasa arsitek rumah dari rh desain rumah. Yuk scroll untuk baca selengkapnya! 

Apa saja keunggulan jasa arsitek rumah? 

Menggunakan jasa arsitek memiliki keunggulan tersendiri. Keunggulan tersebut dapat menjadi pertimbangan ketika Anda berencana membangun atau merenovasi rumah. Untuk lebih jelasnya, yuk simak 6 keunggulan menggunakan jasa arsitek rumah!

1. Arsitek membuat konsep rancangan dengan matang

Hal pertama yang dilakukan ketika anda menggunakan Arsitek dalam jasa Arsitek Renovasi Rumah adalah membuat konsep rancangan. Arsitek akan memastikan semua data dan informasi dari pengguna jasa terkait kebutuhan dan persyaratan pembangunan. Kemudian, arsitek akan membuat analisis dan pengolahan data untuk membuat program dan konsep rancangan. 

2. Arsitek membuat pra-rancangan dengan teliti

Berdasarkan konsep rancangan yang telah dibuat, A arsitek menyusun pola dan bentuk arsitektur dalam bentuk gambar. Dalam tahap ini, arsitek akan merangkum perkiraan luas bangunan, bahan yang dibutuhkan, sistem konstruksi, biaya, dan waktu pembangunan. 

3. Arsitek mengembangkan rancangan lebih detail

Pada tahap ini, jasa arsitek renovasi rumah akan membuat perancangan yang lebih detail, terutama pada sistem konstruksi, struktur bangunan, bahan bangunan, dan perkiraan biaya konstruksi. 

Jika sudah disetujui, hasil pengembangan rancangan ini akan menjadi rancangan akhir bangunan. Rancangan ini merupakan acuan bagi arsitek untuk menjalankan tahap selanjutnya. 

4. Arsitek membuat gambar kerja yang jelas

Pada tahap ini, jasa arsitek renovasi rumah akan menerjemahkan konsep rancangan ke dalam bentuk gambar dan uraian-uraian yang detail. Arsitek juga akan menyajikan dokumen pelaksanaan dan syarat teknik pembangunan yang jelas.  

5. Arsitek melakukan proses pengadaan pelaksanaan konstruksi

Pada tahap ini, arsitek akan melakukan pengadaan pelaksanaan konstruksi sebagai bagian dalam renovasi rumah berupa pengadaan pelaksanaan konstruksi dan pelelangan. 

Pada bagian pertama, arsitek akan mengolah gambar kerja ke dalam format dokumen pelelangan yang dilengkapi uraian Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS), Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan Daftar Volume (Bill of Quantity/BQ). Kemudian, arsitek membantu klien dalam melaksanakan dan menilai pelelangan.

6. Arsitek turut mengawasi proses renovasi secara berkala

Pada tahap terakhir, jasa arsitek renovasi rumah akan melakukan peninjauan dan pengawasan secara berkala di lapangan selama proses renovasi berjalan. Pengawasan ini dilakukan paling banyak satu kali dalam dua minggu atau sekurang-kurangnya satu kali dalam sebulan.