by

Ketahui Kegunaan dan Efek Samping Amoxicillin Dengan Aplikasi SehatQ

-Kesehatan-21 views

Amoxicillin adalah antibiotik penisilin yang digunakan untuk menangani berbagai infeksi pada paru-paru, telinga, tenggorokan, pernapasan dan lainnya. Antibiotik ini dijual dengan berbagai merk seperti Amoxicillin, Amoxsan, Amoksisilin dan masih banyak lagi.

Kegunaan dan Efek Samping Amoxicillin

Berbagai penyakit bisa memakai obat antibiotik ini bahkan cukup aman dibarengi dengan obat lainnya. Tentu penggunaan dan dosis disesuaikan dengan keluhan dan harus menggunakan rekomendasi dari dokter. Apakah yang kamu ketahui dari obat ini selain kegunaannya? Berikut adalah penjelasan singkat mengenai efek samping dan manfaat Amoxicillin pada tubuh.

Manfaat Amoxicillin

Secara umum antibiotik ini dipakai untuk mengatasi berbagai penyakit yang menyebabkan infeksi khususnya untuk yang memiliki gejala rasa sakit yang luar biasa. Amoxicillin hanya dipakai untuk mengatasi iritasi yang disebabkan oleh bakteri.

  • Mengurangi Rasa Nyeri. Hal ini bisa dikarenakan adanya luka trauma, nyeri pada bagian otot, atau pasca operasi. Waspada untuk penggunaannya karena obat ini untuk memberantas bakteri yang sekaligus mengurangi nyeri dan tidak seharusnya dipakai hanya sebagai pereda nyeri saja.
  • Menghambat Perkembangan Bakteri. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri akan memakai Amoxicillin untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut. Infeksi karena virus seperti batuk dan pilek tidak bisa memakai antibiotik ini. Oleh karena itu, gunakan obat ini sesuai panduan dan setelah berkonsultasi dengan dokter.
  • Mengobati penyakit seperti abses gigi, otitis media, sinusitis, infeksi kandung kemih. faringitis/sakit tenggorokan, gonore, tonsilitis, saluran pernapasan, pneumonia dan masih banyak lagi. Mulai dari gejala ringan sampai penyakit berat bisa memakai obat ini.

Efek Samping Amoxicillin

Tiap obat ada pengaruhnya pada tubuh. Oleh karena itu kamu harus jujur dengan sejarah kesehatan, agar dokter dapat meresepkan obat yang paling pas baik dengan kondisi pasien atau pilihan obat lain agar tidak terjadi kontradiksi. Berikut adalah efek samping ringan sampai yang perlu diwaspadai.

  • Minum antibiotik Amoxicillin setelah makan agar tidak mengganggu sistem pencernaan. Bila terjadi diare, minum banyak air untuk mengatasinya.
  • Sakit kepala dan pusing. Kamu bisa merasakan pusing kalau setelah mengkonsumsi antibiotik ini sebelum tidur dan kurang istirahat.Hindari dengan minum air putih dan istirahat yang cukup.
  • Sulit tidur. Minum antibiotik dapat menimbulkan insomnia. Oleh karena itu, obat ini kerap dibarengi dengan obat lain yang menyebabkan rasa kantuk dan memaksa pasien untuk beristirahat.
  • Reaksi alergi. Kalau kamu tidak cocok dengan antibiotik ini, tubuh akan mengeluarkan ruam kemerahan. Hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter.
  • Sesak Nafas. Cobalah untuk tenang, atur nafas, bantu dengan duduk depan kipas. Jika gejala berlanjut, jangan tunggu lagi, segeralah mencari pertolongan medis.
  • Sakit perut, gejala seperti mual, kram perut, mual, dan muntah menandakan pencernaan kamu terganggu. Cobalah untuk makan makanan lunak untuk meredakan rasa nyerinya.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui ketika dokter meresepkan Amoxicillin untuk mengobati penyakit yang kamu derita. Perhatikan dosis dan cara penggunaan agar antibiotik ini dapat bekerja secara efektif dan efisien. Kalau kamu butuh informasi lebih lanjut bisa memakai aplikasi kesehatan SehatQ.

Aplikasi ini memiliki fitur lengkap yang membahas obat, penyakit, live chat dengan dokter, daftar Rumah Sakit dan Klinik terdekat dan segala sesuatu yang kamu butuhkan yang berkaitan dengan kesehatan. Gunakan SehatQ agar kamu mendapatkan informasi yang terpercaya untuk menghadapi berbagai penyakit.

News Feed