by

Jenis Pipa Air dan Fungsinya, sudahkah Anda Mengetahuinya?

-Gaya Hidup-178 views

Ada banyak jenis pipa air yang beredar dimana memiliki ciri serta fungsi yang dapat digunakan pada daerah tertentu. Berikut informasinya :

1. Pipa Air PVC

Salah satu jenis pipa yang merupakan standar SNI yang populer untuk kebutuhan perumahan, pipa ini berfungsi untuk mengalirkan air bersih baik itu pada rumah, industri atau sawah dan perkebunan bahkan digunakan untuk air pembuangan. Pipa yang terbuat dari bahan polivinil klorida ini memiliki kelebihan diantaranya lebih tahan lama, ringan.

Selain itu dengan bahan yang digunakan tidak memberikan dampak buruk bagi air yang dimana tidak mengandung zat berbahaya, sehingga air bersih yang dialirkan dengan menggunakan pipa PVC aman.

Ketahanan terhadap api dan memiliki tekstur bagian dalam yang licin akan menjaga aliran air tetap lancar.

2. Pipa Air CPVC

Adalah jenis pipa air yang merupakan pengembangan terbaru dari pipa PVC, memiliki keunggulan yang lebih baik dan memiliki strutur lapisan yang tebal.

Dengan ketebalan yang dimiliki mampu untuk menahan perubahan suhu ekstrim seperti tahan terhadap panas dan juga dingin pada suhu yang tinggi.

Cocok digunakan dan dipasang untuk mengaliri aliran air panas atau dingin seperti penggunaan di dalam kamar mandi Hotel.

3. Pipa Air HDPE

Terbuat dari bahan plastik anti racun dan memiliki kelebihan dengan bahan tidak mudah berkarat serta memiliki elastisitas tinggi jadi cocok dipakai mengaliri air bersih. Penggunaan pipa ini dapat digunakan di berbagai tempat yang memiliki tekstur tanah yang sering bergoncang atau tidak stabil.

Pipa HDPE lebih kuat dalam menahan tekanan tanah yang berubah ubah karena berbagai macam faktor, sehingga tidak mudah untuk rusak dan tetap awet.

4. Pipa Air PP-R

Singkatan dari pipa air polypropylene-random. Pipa ini dapat dikenali dengan mudah karena pipa ini bewarna hijau terang berbeda dengan pipa pada umumnya.

Pipa ini lebih maju dengan kombinasi Pipa CPVC dan HDPE, dalam artian memiliki kualitas bahan yang kuat sehingga dapat menahan tekanan air dingin atau panas dengan suhu rendah dan tinggi.

Selain itu memiliki elastisitas bahan, tidak beracun sehingga aman digunakan sebagai jalur aliran air.

News Feed