by

Inilah Perbedaan Agen dan Distributor, Pilih Mana?

-Otomatif-27 views

Dalam lingkup perdagangan terdapat beberapa istilah yang sering kita dengar, yakni distributor, agen atau dealer, supplier, dan reseller. Istilah ini merujuk pada peran masing-masing yang terjadi pada sebuah jalur rantai pemasaran sebuah produk. Mulai dimana produk dibuat sampai siapa saja yang menjualkan produk sampai pada tangan pembeli. Lalu apa bedanya dealer dan distributor? Sekilas sebutan ini mirip, namun ternyata ada bedanya.

Distributor adalah pihak yang membeli produk langsung dari tangan produsen. Distributor membeli produk yang sudah jadi saja. Melalui tangan distributor, produk kemudian akan dijual kepada perantara selanjutnya. Nah, perantara ini biasanya akan menyalurkan produk ke tangan retail. Distributor dapat diperankan individual maupun perusahaan. Bagi distributor, tidak wajib menjual hanya satu produk, melainkan bisa menjual berbagai macam produk dalam waktu yang bersamaan. Keuntungan yang didapat oleh distributor berasal dari selisih harga antara harga dari pabrik atau produsen dengan harga jual pada retail.

Dealer adalah individu atau perusahaan yang berhubungan langsung ke konsumen akhir dan menjual produk dari perusahaan. Keuntungan yang didapat dealer adalah selisih laba dari penjualan produk. Dealer juga disebut sebagai agen, perantara yang menjembatani antara distributor pada toko retail. Dealer muncul karena distributor ridak mampu menjangkau titik pemasaran yang cakupan lebih kecil, sehingga butuh perantara agar produknya sampai pada retail. Dari retail produk akan sampai ke tangan konsumen. Kapasitas sebuah dealer lebih kecil dibanding distributor. Kelebihan dealer adalah tidak membutuhkan modal terlalu besar karena secara fungsional lebih berperan sebagai perantara.

Jadi, semisal menemukan dealer truk fuso di wilayah Pejaten, maka itu berarti mereka menjual produk bisa dalam jumlah satuan. Dealer melayani penjualan satuan, namun produk yang tersedia hanya sejenisnya. Sedangkan bila kita menemukan distributor resmi Mitsubishi fuso itu berarti terdapat banyak produk yang dijual dan melayani penjualan dalam jumlah besar. Namun, keberadaan distributor kemungkinan tidak banyak, biasanya daerah-daerah pusat ekonomi menjadi sasaran wilayah distributor. Walaupun tidak banyak membuka cabang, cakupan wilayah distributor lebih luas artinya tanpa batasan.

News Feed