by

inilah Buah Sebagai Bahan Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

-Kesehatan-15 views

Kekurangan darah biasanya menyebabkan sejumlah masalah, salah satunya adalah anemia. Kondisi ini merupakan kondisi di mana kadar haemoglobin (Hb) dalam darah di bawah normal. Mungkin inilah aneka buah penambah darah untuk ibu hamil yang harus diketahui di bawah ini.

Dengan adanya tanda-tanda yang paling sering dikaitkan dengan anemia adalah 5L (Lemah, Letih, Lesu, Lelah, Lunglai), pucat dan pusing berkunang-kunang. Anemia yang paling sering terjadi adalah Anemia Defisiensi Besi (ADB) atau anemia yang disebabkan karena kekurangan kadar zat besi dalam tubuh.

Kondisi ini bisa terjadi saat seseorang tidak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan cukup, tubuh tidak bisa menyerap zat besi, tubuh kehilangan zat besi melalui darah. ADB sebenarnya cukup mudah ditangani, namun jika dibiarkan risiko komplikasi dan terserang penyakit lain serta infeksi semakin besar.

Seringkali kita mendengar istilah lebih baik mencegah dari pada mengobati, maka dari itu memilih asupan makanan yang baik untuk tubuh seharusnya menjadi prioritas. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan.

Pepaya

Jenis buah penambah darah yang pertama adalah pepaya yang terkenal kaya akan kandungan folat dan vitamin C yang tinggi. Konsumsi pepaya bisa membantu meningkatkan sel darah merah dan mencegah anemia. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang disebut karotenoid. Vitamin C pada pepaya juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tomat

Jenis buah penambah darah selanjutnya adalah tomat yang kaya vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K yang tinggi. Selain vitamin C dan folatnya yang bisa meningkatkan sel darah, tomat juga punya banyak manfaat. Tomat bisa meningkatkan fungsi penglihatan, menyehatkan jantung, hingga mencegah kanker.

Jeruk

Selain tomat, jenis buah penambah darah juga berlaku untuk jeruk. Hal itu berlaku untuk aneka jenis jeruk mulai dari jeruk manis hingga lemon. Di mana hampir semua buah jeruk tinggi vitamin C.

Konsumsi buah jeruk tak hanya meningkatkan produksi sel darah merah, tapi juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih. Buah jeruk sangat bergizi, menawarkan sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang membantu tubuh tetap sehat.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu jenis buah penambah darah yang kaya nutrisi dan mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah ini kaya vitamin K, B5, B6, B3, vitamin E dan vitamin C. Alpukat juga padat kalium, folat, magnesium, mangan, tembaga, besi, seng dan fosfor.

Alpukat merupakan sumber folat yang tinggi. Alpukat juga mengandung zat besi. Makan setidaknya 3 alpukat per minggu selama minimal 2 minggu, untuk mengatasi ketidakseimbangan zat besi.

Sementara itu, alpukat yang mengandung Omega 3 dan vitamin E tingkat tinggi diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan dan telah terbukti membantu dalam perlindungan kanker, kesehatan jantung, pencegahan stroke.

Jambu biji

Jus jambu biji merah dipercaya sangat efektif untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi.

Jenis buah penambah darah ini mengandung folat dan zat besi dalam jumlah cukup. Konsumsi jambu biji bisa meningkatkan produksi sel darah merah yang sehat. Vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Ini dapat mengurangi risiko penyakit serius, seperti radang sendi, kanker, dan beberapa bentuk penyakit jantung.

News Feed