by

Ini Dia 5 Alasan Mengapa Kontrol Rutin Ke Dokter Gigi Sangat Penting

-Kesehatan-64 views

Gigi merupakan bagi tubuh penting yang memiliki peran sangat vital. Selain membantu agar Anda dapat mengunyah makanan dengan baik, secara tidak langsung gigi juga membantu sistem metabolisme tubuh agar dapat berfungsi lancar. Selain itu, kerapian gigi yang selalu dijaga dengan baik juga terbukti dapat membuat tingkat percaya diri semakin tinggi. Akan tetapi, sayangnya masih ada sebagian orang yang malas dan bahkan tidak pernah berkunjung ke dokter gigi sebelum terkena penyakit karena merasa takut untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Terlebih lagi, berbagai masalah gigi terkadang tidak disadari sehingga Anda tidak bisa segera mendapat penanganan yang tepat.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit gigi, mulai dari tidak dapat menjaga kebersihan gigi maupun konsumsi jenis makanan tertentu. Biasanya jenis makanan dengan rasa asam berlebih atau memiliki kandungan gula yang tinggi disarankan agar tidak dikonsumsi sementara oleh para penderita penyakit gigi yang sedang dalam tahap penyembuhan. Selain itu, berbagai makanan tersebut juga tidak baik untuk kesehatan Anda karena dapat memicu terjadinya asam lambung dan diabetes.

Meskipun penyakit gigi tidak masuk kategori gangguan kesehatan kronis, namun akibat yang ditimbulkan biasanya akan sangat mengganggu dan menghambat penderitanya dalam beraktivitas. Hal ini karena rasa sakit yang ditimbulkan biasanya akan sulit untuk ditahan, seperti yang terjadi pada 5 jenis penyakit gigi berikut ini, antara lain:

  • Penyakit gusi. Penyakit gusi atau dalam dunia medis sering disebut sebagai periodontis biasanya ditandai dengan adanya infeksi pada gusi yang berlanjut ke jaringan lunak serta akan menyerang tulang penyangga gigi, jika tidak segera diobati, maka gangguan kesehatan satu ini dapat berujung pada kerontokan gigi akut.
  • Gigi berlubang. Penyakit gigi berlubang hampir pernah dalami oleh setiap orang. Kondisi ini terjadi karena adanya bakteri yang berkembang didalam mulut sehingga mengikis lapisan gigi dan membuat gigi menjadi berlubang secara perlahan.
  • Gingivitis. Sedangkan ini adalah peradangan gusi yang dapat berakibat pada bau mulut, gusi menjadi berubah bentuk mengkerut serta sering terjadi pendarahan didalam mulut tanpa alasan yang jelas.
  • Erosi gigi. Penyakit yang satu ini adalah kondisi dimana lapisan kuat enamel gigi yang berfungsi melindungi dentin dan area sensitif didalam gigi terkikis dan hilang akibat berbagai minuman yang dikonsumsi mengandung asam sitrat atau fosfor berlebih.
  • Plak gigi. Selanjutnya penyakit umum pada gigi yang sering terjadi adalah plak gigi yang disebabkan oleh sisa makanan yang menempel dan tidak dibersihkan dengan baik.

Berbagai jenis penyakit gigi seperti di atas sudah sangat umum terjadi terlebih lagi pada seseorang yang tidak dapat mengontrol asupan makan serta tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Meskipun terkesan sepele, namun ada baiknya Anda mengantisipasi berbagai jenis gangguan kesehatan di atas, dengan melakukan kontrol gigi secara teratur serta konsumsi makanan dengan kandungan pemanis atau asam secukupnya.

Demikian ulasan mengenai  5 jenis penyakit umum yang sering terjadi pada gigi serta penyebabnya yang penting untuk Anda ketahui. Menjaga kesehatan gigi dan mulut sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan, terlebih lagi jika Anda memiliki kesadaran untuk periksa gigi secara rutin agar dapat selalu menjaga kesehatan gigi dan terhindar dari semua gangguan seperti di atas. Selama tidak terdapat penyakit gigi yang serius, maka Anda tidak perlu khawatir melakukan kontrol ke dokter gigi karena tidak akan dilakukan tindakan yang membuat Anda merasa sakit saat diperiksa seperti yang ditakutkan oleh sebagian orang.

News Feed