Contoh Ucapan Sungkem Lebaran Bahasa Jawa Lengkap dengan Artinya

Berita4 views

Ucapan sungkem adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa saat merayakan Lebaran. Dalam menyampaikan ucapan sungkem, seseorang umumnya menempatkan tangan di dada dan membungkuk, dengan tangan terkepal atau terbuka.

Sungkem adalah tindakan memberi salam dan menghormati kepada seseorang yang lebih tua atau memiliki kedudukan yang lebih tinggi.Selain itu, sungkem juga mencerminkan rasa hormat, penghargaan, dan permohonan maaf atas kesalahan yang mungkin dilakukan.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, sungkem memiliki arti bersujud atau menyungkem. Dengan menyampaikan ucapan sungkem saat Lebaran, kita berharap dapat mempertahankan dan memperkuat hubungan yang baik antara satu sama lain.

Contoh Ucapan Sungkem Lebaran Bahasa Jawa Terlengkap dan Artinya

1. “Matur nuwun pangapunten sarta ngapura lair lan batin, semoga ing dinten kang suci iki, kita kabeh kasil dilimpahi berkah lan pangapunten.”

    (Terima kasih atas maaf lahir dan batin, semoga pada hari yang suci ini, kita semua dilimpahi dengan berkah dan ampunan)

    2. “Mugi-mugi dalem wilujeng ing Idulfitri, nyuwun agunging pangapunten, supaya kita kabeh diberi kanugrahan jatining fitrah saking Gusti Kang Maha Pemurah.”

    (Semoga dalam kebahagiaan Idulfitri ini, kami memohon maaf yang besar, agar kita semua diberikan karunia sesuai dengan fitrah dari Tuhan Yang Maha Pemurah.)

    3. “Dinten iki, dina kang bakal riyadi, kanggo aku yen ana salah lan ora salah sing aku sesekanan marang panjenengan lan sajroning keluarga, aku matur nuwun pangapunten.”

    (Hari ini, hari yang akan menjadi kenangan, bagi saya jika ada kesalahan atau tidak saya sesalkan kepada Anda dan keluarga, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.)

    4. “Perbuatan kula kang kurang lurus, ucapanku kang ngerusak ati, semoga senantiasa dipunmaafkan karena semua ini kukatakan dari dasar cinta dan kasih kepada Mas/Mbak.”

    (Tindakan saya yang kurang tepat, kata-kata saya yang menyakitkan hati, semoga selalu diampuni karena semua ini saya ungkapkan dari dasar cinta dan kasih kepada Mas/Mbak.)

    5. “Matur nuwun pangabekti saking kula. Yen ana kalepatanipun kula, umpamane kula nyengir, padha kula sampun kersa minangka aturan sing ora ana ing sarak, kula matur nuwun pangapunten, mugi dipun tindakaken ing dinten riyoyo iki.”

    (Terima kasih atas segala penghormatan dari saya. Jika ada kesalahan dari saya, misalnya saya tersenyum, sebenarnya saya sudah berniat sebagai aturan yang tidak ada di dalam hati, saya mohon maaf, semoga dipertimbangkan pada hari yang akan datang.)

    6. “Sugeng riyadi, nyuwun pangapunten lair lan batin.”

    (Selamat hari yang berbahagia, saya memohon maaf lahir dan batin.)

    7. “Nyuwun pangapunten inggil sedaya tembung, tindakan lan lampahan ingkang nyakiti panggalih”

    (Mohon maaf atas segala kata, tindakan, dan perlakuan yang menyakitkan hati.)

    8. “Dalem badhe ngaturaken sembah pangabekti saking kawula, yen ana kalepatanipun kula sing ora kesal ing dalem ati, dalem nyuwun pangapunten. Mugi dipun tindakaken ing dinten riyoyo iki.”

    (Dengan tulus saya mengucapkan penghormatan dari saya, jika ada kesalahan dari saya yang tidak sengaja terjadi di dalam hati, saya mohon maaf. Semoga dapat diperbaiki pada hari yang berbahagia ini.)

    9. “Kulo ngaturaken sembah ngabekti marang panjenengan, tur ugi nyuwun pangapunten ing sadeleme ati dumateng sedaya agengipun kelepatanipun tindak tanduk ingkang katingal menapa mboten katingal. Mugi-mugi Gusti Alloh nglebur dosa kulo lan panjenengan ing dinten riyoyo iki.”

    (Saya mengucapkan penghormatan kepada Anda, dan juga memohon maaf dengan tulus dalam hati atas segala kesalahan tindakan dan perilaku yang sengaja atau tidak sengaja terjadi. Semoga Allah mengampuni dosa saya dan Anda pada hari yang berbahagia ini.)

    10. “Kula ngaturaken sugeng riyadi lan mugi-mugi kita kabeh senantiasa pinaringan kasehatan lan keselamatan.”

    (Saya mengucapkan selamat pagi dan semoga kita semua selalu diberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan.)