by

Cara Mudah Atasi GERD dengan Makan dan Tidur yang Benar

-Kesehatan-32 views

GERD yang juga dikenal dengan asam lambung naik mempunyai berbagai cara untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan mengatasinya dengan mengubah pola hidup atau kebiasaan yang bisa mengatasi gejalanya dengan segera.

Selain itu mengubah gaya hidup tersebut juga bisa membuat GERD tidak mudah kambuh. Pola hidup yang bisa diperbaiki misalnya agar bisa mengatasi dan mencegah asam lambung naik kambuh adalah dengan mengatur cara makan hingga tidur yang benar. Adapun beberapa cara yang bisa digunakan adalah berikut ini:

1. Tidak makan berlebihan

Penyebab yang bisa membuat asam lambung naik adalah ketika makan berlebihan. Hal ini bisa dirasakan ketika terlalu banyak mengonsumsi makanan dalam satu waktu. Sehingga hal tersebut juga membuat pencernaan tidak dapat bekerja secara optimal dan membuat GERD kambuh. Refluks lambung juga dapat terjadi apabila terlalu banyak tekanan yang ada pada otot sfingter esofagus. Sehingga hal tersebut membuat asam masuk lewat lubang dan membuat seseorang mengalami gejala refluks. Oleh karena itulah sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan untuk mencegah asam lambung yang bocor ke kerongkongan. Apabila makan terlalu banyak juga membuat tekanan di perut karena banyaknya lemak perut yang ada. Oleh karena itulah sebaiknya ganti gaya hidup makan secara berlebihan karena bisa memperparah keadaan asam lambung atau menimbulkan gejala GERD yang lebih mudah terjadi.

2. Batasi konsumsi kafein dan alkohol

Gaya hidup selanjutnya yang tepat adalah dengan mengonsumsi kafein dan juga alkohol tidak secara berlebihan. Alkohol yang dikonsumsi dapat membuat kondisi refluks asam lebih parah bahkan juga bisa mengalami heartburn. Bahan tersebut dapat membuat sfingter esofagus menjadi lebih kendur sehingga juga membuat asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan. Bagi yang suka minum kopi secara berlebihan juga sebaiknya batasi kebiasaan tersebut. Kopi juga bisa membuat sfingter esofagus menjadi lebih lemah sehingga membuat resiko mengalami asam lambung naik juga lebih tinggi.

3. Tinggikan sandaran ketika tidur

Langkah selanjutnya adalah adegan meninggikan sandaran kepala ketika tidur. Hal ini dapat menjadi cara mudah untuk mengatasi GERD dengan mengubah kebiasaan yang dipunyai. Bagi yang mempunyai asam lambung, bisa untuk mencegahnya dengan meninggikan sandaran kepala ketika tidur. Gejala GERD bisa untuk dikurangi dan dicegah apabila mempunyai tinggi bantal yang lebih tinggi dibandingkan kerongkongan dan juga perut. Sehingga dengan mempunyai kebiasaan ini juga bisa untuk mencegah asam lambung lebih parah di malam hari utamanya bisa mencegah heartburn.

4. Jangan langsung tidur setelah makan

Kebiasaan terakhir yang bisa dilakukan agar tidak mudah mengalami heartburn dan juga gejala asam lambung kambuh lainnya adalah tidur setelah makan. Sebaiknya berikan jeda ketika akan tidur setelah makan. Bahkan juga mengatur posisi duduk juga perlu diperhatikan setelah makan yaitu dengan jangan berbaring ataupun menyender. Ketika makan jangan langsung tidur tetapi berikan jeda 3 hingga 4 jam agar makanan bisa turun dan tidak menimbulkan gejala asam lambung.

Di atas merupakan beberapa cara mudah atasi GERDyang bisa dilakukan. Selain itu langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengimbangi mengubah kebiasaan tersebut adalah dengan menggunakan obat antasida yang mudah ditemukan. Produk Promag bisa menjadi obat yang mengatasi GERD dengan mudah dan bisa dibawa dengan praktis sehingga bisa mengatasi gejala asam lambung yang kambuh kapanpun dan dimanapun.