by

Cara Memilih Sepatu Olahraga Sesuai Jenis Olahraga

Sebagian orang tidak menggunakan sepatu olahraga saat olahraga, padahal memicu bahaya. Bayangkan saja jika Anda lari marathon tetapi tak memakai sepatu olahraga, bisa cidera atau terkena benda tajam. Sebelum membeli sepatu, kenali cara memilih sepatu olahraga sehingga menunjang olahraga.

Sepatu olahraga memberikan manfaat bagi Anda secara jasmani karena terhindar dari kaki lecet. Nyeri punggung dan lainnya. Walaupun olahraga tidak setiap hari, pastikan membeli sepatu sesuai olahraga yang disukai. Terdapat perbedaan antara sepatu olahraga lari, jogging dan jenis olahraga lainnya.

Cara Memilih Sepatu Olahraga Sesuai Jenis Olahraga

Pecinta olahraga koleksi sepatunya pasti banyak, tujuannya agar sepatu yang digunakan tepat dengan jenis olahraga. Agar tak salah memilih sepatu, berikut ada cara memilih sepatu sesuai jenis olahraga:

  1. Memilih Sepatu Olahraga untuk Lari

Banyak pertanyaan mengenai sepatu yang bagus berat atau ringan? Hal tersebut tergantung jenis olahraga. Jika mencari sepatu untuk lari, pastikan sepatu fleksibel agar mendukung kaki menekuk setiap Anda melangkah. Selain itu ukuran sepatu harus sama dengan kaki Anda agar saat lari tetap nyaman digunakan.

Jika merk sepatu favorit terlalu kecil dari ukuran kaki, sebaiknya tidak membeli karena membuat kaki lecet. Anda bisa mencari di toko lain atau merk sepatu lain yang ukuran sama dengan kaki anda, carilah rekomendasi produk sehingga bisa dijadikan inspirasi tepat memilih sepatu olahraga.

  1. Sepatu untuk Sepak Bola

Olahraga sepak bola andalan kaum laki-laki dan diadakan secara berkala. Bahkan sepak bola menjadi olahraga wajib di berbagai sekolah, tak heran sepatu khusus untuk sepak bola tersebar di berbagai penjuru. Pastinya stok selalu berlimpah.

Cara memilih sepatu olahraga sepak bola harus jeli agar mendukung kegiatan sepak bola. Sepatu tersebut dirancang khusus agar si pemakai dapat menahan berbagai tekanan pada kaki. Tak heran jika sepatu olahraga memiliki soll pull sehingga mampu mencengkram permukaan lapangan tatkala Anda berlari.

Walaupun pull cukup banyak, tetapi bisa dilepas karena dibuat dari 3 bahan berbeda. Yaitu bahan logam, karet atau plastik. Pemilihan sepatu yang tidak cocok membuat permainan sepak bola Anda tidak maksimal, bahkan memicu gangguan pertumbuhan pada kuku kaki atau terdapat gumpalan di kaki dengan rasa nyeri.

  1. Sepatu untuk Aerobik

Olahraga aerobik membutuhkan banyak oksigen dan seluruh otot tubuh bekerja selama aerobik. Apalagi saat pernapasan maupun detak jantung akan meningkat cepat selama aerobik. Hal tersebut dikenal dengan istilah kardio,

Sejatinya, manfaat memakai sepatu saat olahraga aerobik memiliki fungsi sebagai bantalan. Selain itu mencegah benturan pada kaki dan mencegah rasa nyeri pada tumit. Aerobik diminati kaum wanita dan laki-laki, bahkan sering dilakukan setiap hari.

Diantara jenis olahraga aerobik meliputi jalan cepat atau jogging. Anda bisa olahraga bersama orang tercinta agar suasananya seru, pastikan Anda memilih sepatu yang ringan dan fleksibel sehingga aktivitas olahraga tidak menjadi beban.

  1. Sepatu untuk Mendaki Gunung

Anda tipe pendaki gunung dan meluangkan waktu sesering mungkin mendaki gunung? Pastikan menggunakan sepatu khusus untuk mendaki gunung. Apalagi mendaki gunung termasuk jenis olahraga menantang dan diminati banyak orang, pilihlah sepatu yang terbuat dari karet yang memiliki pola kedalaman bervariasi. Tujuannya agar setiap pijakan Anda lebih aman.

Sepatu pendakian gunung memiliki penyerapan benturan maksimal. Pastinya paling kuat dan sangat fleksibel sebagai sepatu atletik, apalagi sol sepatu tersebut daya cengkramnya lebih dalam dan kuat. Selain itu solnya memiliki banyak jarak sehingga cengkraman ke tanah kurang kuat.

Sebenarnya cara memilih sepatu olahraga sesuai jenis olahraga masih banyak. Olahraga di Indonesia banyak dan memiliki peminat masing-masing, memilih warna sepatu olahraga sebaiknya sesuai jenis kelamin sehingga menunjang penampilan. Jika Anda ragu mengenai spesifikasi sepatu olahraga, pilihlah rekomendasi produk secara online maupun offline  sebagai wawasan karena informasinya lengkap dan terpercaya.

News Feed