Cara Masyarakat Merayakan Hari Raya Idul Fitri Dengan Penuh Suka Cita

Gaya Hidup45 views

Banyak cara masyarakat merayakan hari raya Idul Fitri dengan cara yang kebanyakan orang lakukan dan ada juga yang unik. Cara-cara tersebut akan membuat perayaan Idul Fitri semakin meriah, berkesan dan penuh suka cita.

Agar Anda menambahkan pengetahuan mengenai cara masyarakat merayakan hari raya Idul Fitri, Anda dapat menyimak informasi-informasi di bawah ini:

  1. Mudik adalah salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat dalam merayakan lebaran. Jauh hari sebelum hari raya Idul Fitri, kebanyakan orang yang berada di perantauan akan mencari tiket perjalanan untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Cara ini dilakukan untuk silaturahmi ke orang tua atau bertemu sanak saudara dan lainnya.
  2. Di akhir bulan Ramadhan dan menjelang perayaan hari raya Idul Fitri, umat islam berkewajiban membayar zakat fitrah. Nantinya, zakat tersebut akan diserahkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.
  3. Cara selanjutnya adalah melaksanakan sholat Idul Fitri bagi umat islam. Umat islam dapat melaksanakan sholat ini secara berjamaah di masjid atau lapangan. Pada saat inilah orang-orang umumnya akan memakai pakaian terbaik sehingga muncullah tradisi membeli baju baru atau baju lebaran.
  4. Membuat dan atau menyiapkan kue kering dan hidangan khas lebaran

Cara ini tidak kalah seru untuk dilakukan. Bagi Anda yang memiliki banyak waktu, dapat membuat sendiri kue kering atau hidangan suguhan lebaran. Tetapi apabila Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda dapat membelinya di toko. Kue kering dan berbagai hidangan khas lebaran ini bertujuan untuk menjamu tamu yang silaturahmi ke rumah.

  1. Halal bi halal merupakan bagian inti dari perayaan hari besar Idul Fitri. Dengan cara ini, para muslim dapat bersilaturahmi dan saling memaafkan dengan keluarga, kerabat, teman, rekan kerja maupun orang lainnya.

Nah, itulah beberapa cara masyarakat merayakan hari raya Idul Fitri. Bagi Anda yang ingin mengisi kegiatan hari besar Idul Fitri agar terasa lebih bermanfaat, Anda dapat mengisinya dengan kegiatan positif lainnya seperti mengikuti kursus. Tidak perlu langsung menuju tempat kursus, karena Anda dapat mengikuti kursus online. Salah satunya EF Adults yang menjadi salah program English First bagi dewasa.