Bisnis di Media Sosial dengan Pembayaran Online

Bisnis5 views

Berkembang pesatnya teknologi dan berubahnya perilaku konsumen menjadikan media sosial sebagai platform yang sangat penting untuk bisnis.

Media sosial menjadi bagian dari kehidupan manusia, mengubah cara manusia berkomunikasi, bersosialisasi, berinteraksi, dan berbagi informasi. Hingga pada akhirnya media sosial menjadi tempat mencari berbagai informasi mengalahkan mesin pencari.

Perubahan media sosial dari yang semula sebagai media untuk bersosialisasi, kemudian berubah menjadi alat pemasaran, meningkatkan eksistensi brand atau bisnis.

Evolusi media sosial juga merubah ekonomi digital dengan menjadi platform yang sangat efektif untuk berjualan.

Adanya media sosial membawa dampak bagi dua pihak, yaitu bisnis dan pelanggan. Media sosial dapat membantu bisnis menjangkau pasar yang lebih luas dan calon pelanggan baru baik lokal hingga mancanegara.

Peluang Jualan di Media Sosial

1. Memiliki jangkauan yang luas

Salah satu keuntungan terbesar dari jualan di media sosial adalah kemampuan untuk menjangkau audiens yang sangat besar hingga ke seluruh dunia. Media sosial memungkinkan bisnis untuk terhubung dengan pelanggan dari berbagai latar belakang, usia, dan lokasi geografis.

Dengan konten yang menarik dan strategi pemasaran yang tepat, bisnis dapat mengatasi batasan geografis dan menjangkau pasar yang lebih luas.

2. Memilih platform yang tepat

Ada banyak platform media sosial beredar yang dapat digunakan sebagai media pemasaran dan jualan untuk produk dan jasa. Jangan sampai salah memilih media sosial karena masing-masing memiliki preferensi pengguna yang berbeda.

3. Biaya pemasaran yang murah

Media sosial bisa dibilang sebagai media pemasaran yang gratis dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, seperti iklan televisi atau cetak.

Bisnis dapat menggunakan iklan berbayar untuk mendapatkan pasar yang lebih luas lagi. Namun juga dapat memanfaatkan posting organik untuk menarik perhatian pelanggan tanpa biaya tambahan.

4. Interaksi langsung dengan pelanggan

Media sosial memungkinkan interaksi langsung antara bisnis dan pelanggan. Pelanggan dapat memberikan umpan balik, bertanya, atau bahkan memberikan testimoni melalui komentar atau pesan langsung.

Menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Menciptakan kedalaman perasaan bahwa bisnis mengerti apa yang dibutuhkan, dirasakan, hingga hal-hal lain yang dapat membuat pelanggan menjadi percaya pada bisnis.

5. Integrasi dengan teknologi pembayaran online

Pembayaran online memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan yang dihadapi bisnis saat menjual di media sosial. Media sosial tidak memiliki alat pembayaran langsung, namun dapat menerima pembayaran langsung. Bagaimana caranya?

Media sosial dapat terima pembayaran online dengan menggunakan payment link. Dengan memanfaatkan payment link dari payment gateway, bisnis yang memanfaatkan media sosial kini bisa terima pembayaran online dengan mudah tanpa harus integrasi apapun.

Dengan memanfaatkan payment link bisnis memiliki metode pembayaran online, seperti QRIS, e-wallet, transfer bank, dan kartu kredit.

Payment link bisa diperoleh dari aplikasi Winpay yang dapat di unduh gratis di Play Store.

Payment link dibuat dengan mengisi produk dan layanan, nilai transaksi dan dikirimkan melalui layanan WhatsApp, email, atau ditautkan di media sosial dan website.

Mengapa menggunakan Winpay?

Winpay sebagai payment gateway tepercaya memiliki ijin resmi dari Bank Indonesia sebagai payment gateway dan penyedia jasa pembayaran kategori 1 di Indonesia.

Winpay juga menerapkan teknologi keamanan terkini untuk transaksi pembayaran sehingga kerahasiaan data-data pribadi dan keuangan pengguna terjamin.