by

Berapa Besar DP yang Sebaiknya Dibayarkan Saat Pembelian Mobil?

Besar kecilnya uang muka yang dibayar di awal akan mempengaruhi biaya cicilan nantinya. Besaran bunga juga ikut terpengaruh. Hal ini jadi mencuat pertanyaan, berapa besar DP yang sebaiknya dibayar saat mengambil kredit mobil?

Sadar atau tidak, membayar uang muka ternyata memberikan banyak manfaat, lho. Oleh karena itu, penting mempertimbangkan besaran DP. Untuk mempermudah pengambilan keputusan, mari cek uang muka yang sesuai dengan kemampuan Anda pada ulasan berikut ini!

Berapa Uang Muka yang Tepat?

Umumnya uang muka mobil baru berkisar dari 10% sampai 20%. Namun ada juga segelintir orang yang membayar kurang dari persentase tersebut. Jadi, berapa jumlah uang muka yang akan mempermudah pembayaran ke depannya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan cermati satu contoh sederhana. Misalnya Anda ingin membeli mobil dengan harga Rp100 juta dengan uang muka 10%. Berarti jumlah setoran awal yang perlu dibayarkan yaitu Rp10 juta. Sedangkan sisanya masih ada Rp90 juta.

Anda mengambil periode waktu cicilan selama 5 tahun, jadi wajib membayar cicilan sebesar Rp1,5 juta per bulan. Perlu diingat, angka tersebut belum termasuk bunga. Selanjutnya bandingkan besaran tersebut dengan gaji Anda. Apakah bisa terbayar?

Jumlah DP yang tepat untuk Anda didasari oleh beberapa faktor. Pertimbangkan lagi tanggungan dan biaya pengeluaran lainnya. Mampukah Anda membayar jumlah tersebut dalam periode yang telah ditentukan? Dalam hal ini berpikir secara visioner akan membantu menentukan keputusan terbaik.

Mengapa Penting Membayar Uang Muka?

Ketika dihadapkan dengan penawaran mobil baru dengan uang muka kecil, tak jarang orang mudah tergiur. Namun, pikirkan baik-baik keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika membayar uang muka atau DP. Berikut di antaranya:

1. Suku Bunga Lebih Rendah

Apabila membayar uang muka dalam jumlah besar, Anda mungkin ditawarkan periode waktu cicilan yang lebih singkat. Semakin singkat periode cicilan, maka akan semakin rendah suku bunga. Jadi total biaya yang dibayarkan tidak jauh berbeda dengan membeli secara tunai.

Membayar uang muka di awal juga menunjukkan bahwa Anda telah berupaya untuk mendapatkan mobil secepat mungkin.

2. Mobil Lebih Cepat Lunas

Tidak membayar DP mobil baru memang menyenangkan di awal. Anda baru merasakan dampaknya di kemudian hari.

Akibatnya Anda memiliki jumlah cicilan yang lebih besar. Dan apabila dihitung-hitung, bisa-bisa kredit mobil malah lebih memberatkan karena harga mobilnya seketika lebih tinggi. Namun jika uang muka dibayar, mobil akan cepat lunas dan menjadi milik Anda.

3. Cicilan Bulanan Lebih Rendah

Semakin banyak uang muka yang dibayarkan, maka semakin sedikit utang Anda. Ini turut berpengaruh pada biaya cicilan per bulan nantinya. Biaya akan lebih rendah karena utang Anda tidak terlalu besar.

Berbicara soal biaya cicilan, platform beli mobil SEVA menyediakan fitur Instant Approval sehingga Anda bisa menemukan program cicilan mobil sesuai dengan kemampuan finansial. Menarik, bukan?

Membayar DP dalam jumlah besar akan sangat membantu karena membuat pembelian mobil baru jadi lebih terjangkau dengan suku bunga yang rendah.