by

Apa Itu Kanker Serviks dan Bagaimana Cara Mengobatinya

-Kesehatan-29 views

Bagi Anda yang masih bertanya apa itu kanker serviks, disini akan dijelaskan bahwa kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang menyerang dan tumbuh pada sel-sel yang ada di leher rahim seorang perempuan. Pada awalnya kanker serviks memang tidak menunjukkan gejala yang serius. Biasanya gejala akan tampak saat virus dari kanker tersebut sudah mulai menyebar. Seperti yang telah dijelaskan oleh beberapa pakar kesehatan bahwa kanker serviks memang ada kaitannya dengan infeksi menular seksual.

Serviks adalah bagian dari rahim yang akan menghubungkan dengan vagina. Serviks memiliki fungsi untuk memproduksi lendir atau yang sering disebut mukus. Lendir atau mukus ini juga memiliki fungsi sebagai penyalur sperma dari vagina ke dalam rahim saat berhubungan seksual. Namun demikian, serviks juga memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk menjaga janin agar tetap berada di dalam rahim serta akan melebar dan membuka saat tiba proses persalinan.

Berikut ini adalah tanda-tanda dan gejala penyakit kanker serviks yang perlu Anda ketahui dan waspadai:

  1. Terjadi pendarahan yang tidak wajar pad vagina. Seperti contohnya yaitu adanya darah yang keluar dari vagina padahal Anda tidak sedang dalam masa menstruasi. Biasanya ditandai juga dengan menstruasi yang lebih panjang, terjadi saat berhubungan seks atau sesudahnya dan setelah buang air besar.
  2. Jadwal menstruasi menjadi tidak teratur
  3. Badan menjadi lemas dan mudah lelah serta berat badan mulai turun drastis.
  4. Kehilangan nafsu makan dan bisa jga merasakan nyeri yang luar biasa pada pinggang atau kaki.
  5. Cairan vagina tidak normal dan berbau serta disertai dengan darah.

Di atas adalah beberapa gejala atau tanda-tanda kanker serviks yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda mendapati beberapa jenis ciri-ciri tersebut seperti di atas Anda bisa segera langsung melakukan pemeriksaan dengan dokter dan segera mendapatkan pertolongan. Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang cukup mematikan dan sangat riskan untuk dialami oleh seorang perempuan. Jadi mulai sekarang sebisa mungkin Anda harus bisa menjaga kesehatan organ intim Anda. Bila sudah mencapai stadium 4 kanker serviks memang sudah cukup sulit untuk disembuhkan karena virus sudah mulai menyebar ke seluruh tubuh.

Selain beberapa ciri-ciri di atas tentunya masih ada gejala lain yang perlu Anda waspadai yaitu terjadinya infeksi. Jangan pernah menunggu hingga gejala-gejala tersebut menjadi semakin parah. Anda bisa melakukan cara terbaik untuk merawat organ vital Anda yaitu dengan melakukan suatu tes pap smear sekaligus melakukan pemeriksaan panggul secara rutin ke dokter kandungan. Dikarenakan tubuh setiap orang berbeda-beda maka Anda juga harus rutin dalam melakukan pemeriksaan ke dokter sehingga dokter akan memberikan penanganan yang tepat bila terjadi ciri-ciri penyakit kanker serviks seperti di atas.

Apa itu kanker serviks mungkin bagi sebagian wanita yang kurang begitu paham dengan masalah kesehatan alat kelamin akan merasa bahwa melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mengetahui kesehatan alat reproduksi memang bukan merupakan suatu hal yang penting. Padahal kanker serviks bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Banyak sekali kegiatan yang bisa memicu adanya kanker serviks di dalam tubuh seorang wanita. Seperti contohnya yaitu wanita yang merokok, mereka yang memiliki berat badan berlebihan, wanita yang mengalami infeksi klamidia serta wanita yang tidak bisa menjaga dan mengatur pola makanya seperti kurang makan buah dan sayur.

News Feed