by

4 Sumber Air Minum yang Baik Bagi Kesehatan

Sumber air minum merupakan tempat atau asal mula di mana air mineral berasal. Adapula berbagai syarat hingga proses sebelum air mineral yang ada di gelas kamu dapat diminum secara aman.

Air minum memang menjadi hal yang penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Hampir semua organ manusia terdiri dari air dan bahkan WHO menganjurkan untuk mengonsumsi 8 minimal gelas per hari.

Selain karena tubuh yang terdiri air sebanyak 60% – 70% sesuai berat tubuh, air juga memiliki fungsi hidrasi yang diperlukan untuk tubuh [1].

Dengan meningkatnya keinginan meminum air yang tinggi, tetapi tidak semua air minum rupanya baik untuk tubuh. Mengapa demikian? Sumber air minum menjadi hal utama ketika ingin mengonsumsi air putih.

Setidaknya sumber air minum harus memenuhi beberapa kriteria dan syarat sebelum dapat dikonsumsi dengan baik. Karena memanaskan atau merebus air rupanya belum cukup untuk membuat air layak dikonsumsi [1].

  1. Air Tanah

Biasanya air tanah berasal dari sumur atau dialirkan melalui pompa. Faktanya, kualitas air tanah dapat ditentukan oleh lingkungan sekitar sumber air. Bila sumur berada di daerah perkotaan padat penduduk dan industri bisa dipastikan air sudah tidak layak diminum.

Sebaliknya, sumur yang berada di pegunungan memiliki kandungan mineral yang baik dan dapat digunakan untuk dikonsumsi. Meski demikian perlu direbus terlebih dahulu guna membunuh mikroorganisme [2].

Jadi air tanah atau sumur bisa aman bila berada di daerah yang masih asri atau alami. Karena kontaminasi dari industri atau lembah menyerap hingga ke tanah dan akhirnya pada air.

  1. Air Hujan

Air hujan bisa untuk dikonsumsi? Sama seperti air tanah ada beberapa syarat agar air hujan dapat dikonsumsi. Selain sumber air atau daerah yang jauh dari perkotaan, air hujan bisa dikonsumsi.

Biasanya air hujan memiliki kandungan pH yang tinggi dibandingkan air mineral biasanya. Curah hujan yang diterima harus bebas dari kandungan evaporasi cairan limbah di daerah sekitar [3].

Karena pada dasarnya limbah yang akan naik atau menguap lalu menjadi awan dan turun hujan. Pada proses satu ini perlu penelitian lebih lanjut apalagi kandungan yang ada di air hujan.

Meski demikian, penelitian Monash University menyatakan air hujan bisa langsung diminum bila berada di daerah alam yang minim kontaminasi [3].

Untuk memastikan biasanya air akan direbus terlebih dahulu guna menghilangkan sisa-sisa mikroorganisme yang dapat memberikan efek buruk bagi tubuh.

  1. Air PDAM

PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan pihak yang bertanggung jawab memasok air bagi rumah tangga sekitar. Kebutuhannya yang masif mengharuskan beberapa proses penyaringan sebelum dapat didistribusikan.

Air ini mengalir melalui pipa atau tangki ke tiap rumah untuk berbagai macam keperluan seperti memasak, mandi, mencuci atau lain sebagainya [4].

Kandungan air ini sudah melalui berbagai macam penyaringan dari pihak penyedia, namun untuk konsumsi harus tetap direbus. Peruntukannya memang bermacam-macam, namun air dari PDAM biasanya memiliki batas aman untuk kualitas air.

  1. Air Pegunungan

Sumber mata air terbaik dan menjadi tonggak ukur kualitas air minum. Air pegunungan sendiri berasal dari hujan yang menyerap di tanah lalu mengalir dari sumber mata air ke dataran rendah.

Namun sebelum kembali naik, air akan mengalami penyaringan alami dari bebatuan yang kaya mineral. Berbagai manfaat seperti Magnesium, Kalsium, Kalium, Zinc, Silica dan lain sebagainya terkandung di tipe air pegunungan [5].

Meski demikian perlu penelitian lebih lanjut mengenai air pegunungan sebelum memastikannya aman hingga ke tangan konsumen. Karena bukan tidak mungkin ada mikroorganisme meski jumlahnya sedikit.

AQUA yang terpercaya selama 45 tahun memberikan kualitas air minum terbaik selalu berupaya memberikan air terbaik. Sebelum dikemas setidaknya ada 9 kriteria, 5 syarat, dan 1 tahun penelitian oleh para ahli geologi dan geohidrologi [6].

Kesehatan menjadi hal penting bagi AQUA karena setiap tetesnya memiliki manfaat baik bagi kesehatan organ tubuh.

AQUA percaya kesehatan tubuh dan organ berasal dari air mineral yang baik. Karena Kesehatan Berawal Dari Sini.

Kamu sudah minum AQUA belum?

Referensi:

  1. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/14/berapa-takaran-normal-air-agar-tidak-kekurangan-cairan-dalam-tubuh
  2. https://www.alodokter.com/belum-cukup-hanya-dengan-merebus-air
  3. http://www.pdamtirtabenteng.co.id/berita/apakah-air-hujan-aman-dikonsumsiini-jawabannya
  4. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3394465/kenali-ciri-ciri-air-minum-yang-layak-konsumsi
  5. https://www.sehataqua.co.id/fakta-air-mineral-yang-perlu-anda-ketahui/
  6. https://aqua.co.id/pengelolaan-sumber-daya-air-aqua

News Feed