by

4 Manfaat Pisang yang Wajib Diketahui

Salah satu buah yang digunakan sebagai makanan pencuci mulut adalah pisang Cavendish. Hal ini tidak lain karena rasanya yang manis dan aromanya yang wangi sangat cocok digunakan sebagai hidangan penutup.

Nyatanya, pisang tidak hanya dikonsumsi untuk pencuci mulut saja. Banyak atlet yang mengkonsumsi pisang setelah berolahraga juga. Hal ini tidak lain karena segudang manfaat buah pisang yang bagus untuk tubuh.

Manfaat Buah Pisang untuk Tubuh

Buah biasanya dikonsumsi sebagai sumber nutrisi harian. Begitu juga dengan pisang yang kaya akan kandungan karbohidrat, protein, mangan, serat, kalium dan juga kalsium. Selain itu, ada juga vitamin A, B kompleks dan juga C yang terkandung dalam pisang. Adapun manfaat pisang sebagai berikut:

  1. Sumber Karbohidrat

Pisang sangat direkomendasikan untuk menu diet karena sudah mengandung 27 gram karbohidrat. Dimana karbohidrat tersebut akan dipecah jadi glukosa sebagai bahan bakar bagi tubuh.

Selain itu, karbohidrat juga bisa menjadi glikogen yang nantinya disimpan di hati dan juga otot sebagai cadangan energi.

  1. Mencegah Kerusakan Sel

Dengan rutin mengkonsumsi pisang, akan mencegah tubuh Anda dari kerusakan sel dan jaringan. Hal ini tidak lain karena pisang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga bisa menghalau radikal bebas dari tubuh.

Selain itu, juga bisa menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga jantung. Dengan begitu, tekanan darah Anda akan tetap stabil dan resiko stroke akan menurun dengan drastis.

  1. Mengurangi Mual saat Hamil

Pisang ternyata juga baik untuk kesehatan ibu hamil. Sebab, buah dengan kulit berwarna kuning ini bisa mengurangi rasa mual saat wanita sedang hamil.

Sebab, kandungan kalium dan vitamin B6 pada buah pisang berguna untuk mengembalikan senyawa elektrolit yang terbuang saat wanita hamil muntah.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buat Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Pisang menjadi alternatif menu makanan yang sangat berguna. Sebab, kandungan serat yang tinggi akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Serta, serat ini juga bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan, khususnya usus dari berbagai virus, parasit dan bakteri yang akan menginfeksi. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari masalah sembelit dengan mengkonsumsi pisang secara rutin.

Olahan Pisang yang Mudah Dibuat

Namun, buat Anda yang bosan mengkonsumsi pisang secara langsung. Berikut ini beberapa rekomendasi olahan pisang yang sangat mudah dibuat.

  1. Roaste Banana Cinnamon

Adapun bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat roaste banana cinnamon adalah pisang kepok matang, butter, madu dan juga bubuk kayu manis. Untuk cara mengolahnya sebagai berikut:

  • Panggang pisang di atas pan menggunakan api yang kecil. Saat memanggang, tekan-tekan pisang untuk menggepengkannya.
  • Tuangkan butter pada pan yang sudah panas. Setelah butter meleleh, masukkan madu dan kayu manis.
  • Masukkan pisang, dan aduk hingga tercampur semuanya.
  • Setelah matang, angkat dan tiriskan. Roaste banana cinnamon siap disajikan.
  1. Sauteed Banana

Rekomendasi olahan pisang yang mudah dibuat berikutnya adalah sauteed banana. Untuk bahannya sendiri ada pisang Cavendish, unsalted butter dan keju parut. Cara membuatnya sebagai berikut:

  • Masukkan unsalted butter ke pan yang sudah panas.
  • Potong pisang tipis-tipis, kemudian masukkan ke pan.
  • Panggang hingga semua bagian agak lembek dan harus.
  • Setelah mayang, angkat dan taburkan keju parut di atasnya.
  • Sauteed banana siap disajikan.

Itu dia beberapa manfaat buah pisang dan juga olahan pisang yang mudah dibuat sebagai variasi menu makanan harian Anda agar tidak bosan. Nah, buat Anda yang mencari supplier buah pisang berkualitas.

TaniHub menyediakan berbagai produk hasil pertanian dengan kualitas terbaik dan masih segar. Ya, tunggu apalagi untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan yang Anda beli di TaniHub.

News Feed